Mengenal Beragam Metode Tahfidz Quran

Spread the love

Seperti yang kalian ketahui bersama jika membaca Al Quran walaupun terbata-bata saja mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Namun selain membaca tentu akan lebih baik lagi jika kalian juga belajar mengenai isi dan juga makna dari Al Quran itu sendiri agar bisa kalian aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Persiapan Sebelum Membaca Al Quran

Namun bagi kalian yang tertarik mengembangkan kemampuan lebih dari sekedar membaca juga akan sangat bagus yaitu menghafal atau yang dikenal juga dengan tahfidz Al Quran. Dimana dengan mampu menghafal akan sangat bagus bagi kalian terlebih lagi ada beberapa keutamaan yang memang dijanjikan oleh Allah SWT bagi para penghafalnya.

Untuk menghafal biasanya tersedia beberapa metode yang bisa kalian pilih dan praktikan sesuai dengan kebutuhan kalian. Namun sebelum masuk ke metode, maka ada beberapa hal yang harus kalian penuhi ketika akan menghafal Al Quran. Adapun beberapa hal tersebut adalah seperti berikut ini.

Pastikan kalian memiliki niat yang tulus untuk menghafal dan juga pelajari aturan dalam membaca Al Quran. Jika kalian merasa tidak terlalu pintar dalam memahami tanda baca yang ada di Al Quran maka kalian harus belajar ada seorang guru yang tepat. Jika sudah ingin menghafal pastikan kalian memiliki tekad yang kuat tentunya jangan setengah-setengah.

Jika kalian melakukannya dengan setengah hati maka keinginan kalian untuk bisa menghafal dengan lancar akan tertunda, lakukan dengan pelan-pelan namun konsisten. Jangan putus semangat untuk terus mengulang hafalan yang ada walaupun sedang jenuh sekalipun pastikan kalian harus menghafal walaupun sedikit. Hal itu lebih baik dari pada kalian berhenti untuk menghafal.

Metode Tahfidz Quran

Jadi itulah beberapa hal yang harus kalian persiapkan sebelum nantinya melakukan tahfidz Quran. Selain hal diatas sebenarnya masih ada hal lain yang harus kalian perhatikan sebenarnya. Kemudian untuk metode ada beberapa pilihan metode dan beberapa metode tersebut adalah sebagai berikut ini.

  • Metode Wahdah

Metode yang pertama yaitu wahdah dimana metode ini yaitu menghafal ayat satu persatu. Dimana caranya cukup sederhana yaitu ayat yang hendak kalian hafalkan dibaca sebanyak sepuluh kali, dua puluh kali bahkan lebih dari itu juga bisa kalian lakukan. Dengan semakin seringnya pengulangan maka akan terbentuklah pola maupun bayangannya.

  • Metode Kitabah

Metode selanjutnya yaitu kitabah yang memiliki artian menulis. Cara kerjanya yaitu kalian bisa menuliskan terlebih dahulu mana ayat yang akan kalian hafalkan pada media baik kertas atau apapun yang disediakan. Nantinya ayat tersebut dibaca sampai benar dan lancar baru nantinya kalian hafalkan.

  • Metode Sima’i

Untuk yang selanjutnya yaitu sima’i yang mana memiliki arti mendengar. Dimana nantinya kalian jika ingin belajar menggunakan metode ini cukup dengan mendengarkan bacaan yang akan kalian hafalkan. Bagi kalian yang memiliki daya ingat yang sangat extra sangat bisa menggunakan metode ini. Dimana orang yang menggunakan metode ini biasanya anak-anak di bawah umur maupun bagi para tuna netra. Bacaan tersebut bisa didengarkan melalui guru maupun kaset. Dimana untuk saat ini mendapatkan rekaman bacaan ayat Al Quran sangat mudah. Terutama bagi kalian yang masih memiliki anak di bawah umur biasakan mendengarkan anak dengan bacaan Al Quran sehingga mereka akan suka dan mudah untuk menghafalnya nanti.

  • Metode Gabungan

Metode selanjutnya yaitu gabungan dimana ini merupakan gabungan dari wahdah dan juga kitabah. Dimana nantinya metode kitabah ini memiliki peran sebagai suatu alat uji coba dari ayat yang sudah kalian hafalkan sebelumnya. Dimana praktiknya yaitu kalian menghafal ayat terlebih dahulu baru nanti kalian tulis. Dengan cara seperti itu hafalan akan lebih mudah untuk kalian ingat.

  • Metode Jama’

Kemudian metode terakhir yang bisa kalian praktekan yaitu jama’ dimana metode ini dilakukan secara kolektif. Dimana nantinya ayat-ayat yang akan dihafalkan harus dibaca secara kolektif. Pembacaan ayat tersebut bisa dipimpin oleh seorang instruktur yang kemudian harus diikuti oleh para peserta yang lainnya.

Selain metode diatas sebenarnya masih ada banyak metode lain yang bisa kalian coba. Sebenarnya apapun metodenya tidak masalah asalkan itu mempermudah kalian dalam melakukan hafalan. Diantara metode tersebut kalian bisa menggunakan salah satu, semuanya atau bahkan mencampurnya. Agar lebih mudah mengetahui mana yang cocok untuk kalian maka bisa mencoba metode tersebut satu persatu agar kalian mengetahui mana yang paling pas untuk kalian. Bagi kalian yang mungkin saja merasa bosan dengan metode yang itu-itu saja bisa bereksplorasi dengan metode lain.

Untuk melakukan hafalan ini akan lebih mantap jika kalian berguru ke seorang guru ataupun datang ke lembaga tahfidz Quran yang tentunya terpercaya. Dalam lembaga semacam itu biasanya tersedia berbagai macam kelas seperti anak-anak, orang dewasa dan lainnya. Dengan memilih kelas yang tepat tentu saja kalian akan mendapatkan pengajaran yang tepat pula sesuai dengan kemampuan kalian.